Perbedaan MacBook Air dan Pro Penting Diketahui Sebelum Membelinya

Perbedaan MacBook Air dan Pro penting untuk Anda ketahui agar tidak salah memilih laptop. Jadi ketika Anda akan menggunakannya untuk semua aktivitas.

Meski sama-sama dari Apple, ternyata kedua perangkat tersebut memiliki perbedaan, baik dari segi spesifikasi maupun harga.

MacBook sendiri merupakan salah satu perangkat laptop yang memiliki banyak peminat, karena membawa keunggulan dibandingkan laptop lainnya.

Betapa tidak, laptop ini kerap menjadi pilihan karena lebih ringkas, ringan, dan tentunya cepat untuk segala tugas.

Baca Juga: Apple MacBook Air 15 Inch Akan Hadir dengan Ukuran Layar Lebih Besar

Perbedaan MacBook Air dan Pro yang sangat penting untuk Anda ketahui.

Seperti yang sudah kita ketahui, perusahaan Apple selalu meluncurkan dua varian laptop baru, yakni MacBook Air dan Pro. Jadi jika Anda ingin membeli perangkat laptop ringan lengkap dengan fitur-fitur canggih, maka MacBook adalah pilihan terbaik.

Kedua varian ini merupakan produk unggulan dari Apple yang disukai banyak konsumen dan pelanggan. Meski sama-sama MacBook, keduanya juga memiliki perbedaan yang jarang diketahui.

Sebelum membelinya, maka Anda harus mengetahui beberapa perbedaan antara MacBook Air dan Pro terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan performa, spesifikasi, dan pekerjaan yang akan dilakukan oleh setiap orang tentunya akan berbeda-beda.

Sehingga hal ini akan sangat mempengaruhi kualitas laptop, baik untuk bermain game, bekerja, atau hal lainnya. Jadi sebelum memutuskan untuk memilih, kamu harus tahu dulu perbedaannya berikut ini!

Dari segi Desain dan Ukuran

Perbedaan pertama antara MacBook Air dan Pro adalah dari segi desain, meskipun keduanya memiliki desain yang mirip. Bagaimana tidak, kedua perangkat tersebut memang memiliki bodi berbahan aluminium dan permukaan matte yang khas.

Baca Juga: MacBook Air M1, Laptop Besutan Apple Membawa Banyak Kelebihan

MacBook Air 2020 sendiri hadir dengan desain layar 13 inci dan lebih tipis sehingga terlihat lebih elegan. Sementara itu, MacBook Pro hadir dengan ukuran layar 13-16 inci yang lebih berat dan besar.

Layar

Model Air 2020 pada dasarnya mengusung layar berukuran 13 inci lengkap dengan LED-backlit Glossy Widescreen. Sedangkan varian pro mengusung layar 13-16 inci dengan resolusi masing-masing 2500 x 1600 piksel dan 3070 x 1920 piksel.

Jadi perbedaan antara kedua laptop besutan Apple ini sangat signifikan tentunya. Jika melihat spesifikasi layarnya, varian Pro sepertinya lebih cocok menjadi perangkat untuk melakukan desain grafis.

Sasaran pasar

Perbedaan selanjutnya antara MacBook Air dan Pro adalah target pasarnya, yang jelas keduanya untuk kelas yang berbeda.

Nah, model Air sendiri lebih cocok untuk pelajar dan perkantoran yang minim dalam penggunaan aplikasi besar.

Sementara itu, model Pro tentu lebih cocok untuk para profesional seperti pencipta konten serta desainer.

Baca Juga: Apple Mac Mini Mendukung Segala Kegiatan dengan Spesifikasi Premium

Tak hanya itu, editor video yang menginginkan laptop dengan performa lebih tangguh dalam menjalankan tugas juga bisa memilih varian Pro ini.

Pertunjukan

Jika kita melihat dari sisi performa, maka keduanya juga akan memiliki banyak perbedaan. Jadi setelah mengetahui jenis prosesor, akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih menggunakannya sebagai perangkat terbaik.

Varian Air sendiri mengusung prosesor jenis Intel Core i5 1.6 GHZ Turbo Boost hingga 3.6. Sedangkan varian Pro mengusung prosesor jenis Intel Core i5 Quad-Core 1.4 Turbo Boost hingga 3,9 GHz.

Kapasitas penyimpanan

Perbedaan selanjutnya antara MacBook Air dan Pro bisa dilihat dari segi kapasitas penyimpanan. Jika dilihat sepintas perbandingan keduanya di sektor penyimpanan hampir sama.

Namun model terbaru Air mengusung kapasitas RAM sebesar 16 GB dengan penyimpanan SSD dari 256 GB hingga 2TB. Sedangkan untuk model Pro, ia memiliki RAM 32GB dan penyimpanan SSD hingga 4TB dan 8TB.

Daya Tahan Baterai dan Harga

Kita bisa melihat laptop Air dan Pro dari daya baterai meski hanya selisih waktu yang singkat. Nah, untuk model Air as Daya Tahan Baterai Sepanjang Hari mampu bertahan hingga 11 jam.

Sedangkan untuk model pro 2019, varian 13 inci bisa bertahan hingga 10 jam dan versi 16 inci bisa bertahan hingga 11 jam.

Selain itu, perbedaan antara MacBook Air dan Pro dari segi harga juga menjadi salah satu pertimbangan jika Anda akan membelinya. Keduanya memiliki harga yang berbeda, untuk Air 16 juta rupiah dan untuk model Pro mulai dari 19-32 juta rupiah tergantung modelnya. (R10 / HR-Online / Editor-Ndu)