MacBook Pro 16 M1 Pro Resmi Hadir dengan Sejumlah Perubahan, Intip!

MacBook Pro 16 M1 Pro hadir sebagai generasi terbaru pada saat gelaran unleashed yang menjanjikan upgrade terbaik soal performa hingga desain.

Khusus untuk varian ini, hadir dalam pilihan warna space Gray dan Silver yang memiliki harga sekitar 35 jutaan rupiah.

Tidak hanya itu saja, melainkan MacBook Pro terbaru ini juga tersedia ke dalam dua pilihan chipset, yakni M1 pro dan M1 Max. Tentunya chipset tersebut juga memiliki dukungan berupa 8 core dengan performa tinggi dan 2 core berefisiensi tinggi.

Baca Juga: Apple MacBook Pro 16 2021 Telah Hadir dan Membawa Panel Mini-LED

MacBook Pro 16 M1 Pro Telah Resmi Hadir, Berapa Harganya?

Secara resmi Apple akhirnya menghadirkan dua system on-a-chip berbasis ARM baru yang lebih berfokus pada komputer, yakni M1 max dan M1 Pro. Selain itu, Apple rupanya juga merilis MacBook Pro dengan mesin terbaru, salah satunya adalah M1 Pro seluas 16 inch.

Daripada M1 yang sudah mulai debutnya sejak bulan November lalu, sepertinya chipset ini mempunyai kinerja cpu hingga 70% lebih cepat.

Untuk soal grafis, maka perbedaannya sangat jelas. Sebab m1 pro telah alami peningkatan 2x lebih cepat daripada M1.

Selain prosesor baru, MacBook Pro 16 M1 Pro ini juga hadir dengan desain terbaru yang lebih elegan dan menawan. Nah, salah satu hal yang paling mencolok dari perangkat ini adanya layar berponi (Notch) dan kamera 1080p FaceTime HD.

Ternyata tidak hanya itu saja, ada perubahan lain yang terletak pada bagian keyboard baru. Sebab, sudah tidak memiliki touch bar yang digantikan dengan menggunakan tombol fisik biasa dan bezel tipis.

Baca Juga: Macbook Pro 16 Diluncurkan, Intip Spesifikasi Gahar dan Harganya

Perubahan pada Layar

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa salah satu perubahan pada MacBook Pro 16 M1 Pro ini adalah pada bagian layarnya. Pasalnya layar tersebut hampir mirip seperti desain iPhone karena memiliki pinia alias notch.

Berkat adanya kamera FaceTime beresolusi 1080p, maka meningkat dari 720p pada generasi sebelumnya itu. Lebih menariknya lagi, bahwa kamera itu juga sudah lengkap dengan image signal processor atau chip pengolah gambar.

Selanjutnya untuk jenis layar yang digunakan pada perangkat besutan Apple itu sebagai Liquid retina XDR. Lengkap dengan dukungan resolusi hingga 2456 x 2234 dan mempunyai tingkat brightness sampai 1600 nits.

Tidak hanya itu saja, melainkan juga lengkap dengan sebuah teknologi yang bernama ProMotion. Sehingga adanya teknologi itu, maka akan memungkinkan penggunaan adaptive refresh rate sampai 120Hz.

Spesifikasi Performa

Dari segi performa, maka MacBook Pro 16 M1 Pro ini hadir dengan sebuah chipset teranyar dari Apple. Pada intinya bahwa chipset Apple M1 pro ini memiliki CPU 8 Core maupun 10 Core pula.

Tidak hanya itu saja, untuk GPU-nya adalah 14 Core atau 16 Core serta lengkap dengan dukungan kapasitas RAM sebesar 32GB. Kemudian laptop ini juga hadir ke dalam dua konfigurasi standar, yakni berupa CPU 10 Core dan GPU 16 Core.

Untuk varian yang pertama telah mendukung kapasitas RAM sebesar 16GB dengan penyimpanan SSD sebesar 512GB atau 1TB. Sedangkan untuk varian yang kedua telah menggunakan kapasitas RAM sebesar 32GB tetapi pengguna masih dapat upgrade sampai 64GB dengan SSD 1TB.

Baca Juga: MacBook Pro M1X, Laptop Desain Ulang dengan Jenis Layar Mini-LED

Desain dan Fitur Lain

Sasis baru pada MacBook Pro 16 M1 Pro ternyata juga mengalami perubahan desain yakni membawa bobot sebesar 2,13 kg. Sementara itu untuk tingkat ketebalannya sendiri mencapai 16,8 mm dengan ukuran layar yang tergolong luas.

Sedangkan untuk bodi pada perangkat ini sepenuhnya telah berbalut dari bahan Alumunium terbaik. Perusahaan mengklaim bahwa sistem pendinginan terbaru ini bisa memindahkan udara 50% lebih banyak daripada generasi sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, Apple juga menghadirkan sebuah port HDMI pada bagian sisi kanan bodi laptop tersebut. Juga mendampingi port yang lain seperti slot Sdxc dan port Thunderbolt dengan 1 jack headphone serta 2 port Thunderbolt 4 pada bagian sisi kiri.

Bahkan perusahaan pun juga menyebutkan jika m

odel baru dengan dukungan M1 pro ini bisa mendukung sampai 2 Pro Display xDR. Berbeda lagi dengan model chipset M1 Max, karena itu bisa menangani sampai 3 layar tambahan selain hanya TV 4K.

Untuk saat ini pun MacBook Pro 16 M1 Pro sudah tersedia dan bisa langsung kita pesan melalui toko online Apple. Hadir dengan harga ekonomis yang akan membuat pengeluaran lebih sedikit. (R10/HR-Online)