Apple MacBook Air M2 Segera Hadir Meskipun Awalnya Sempat Tertunda!

Apple MacBook Air M2 merupakan laptop dengan prosesor terbaru yang akan segera dirilis, meski sebelumnya sempat tertunda karena beberapa hal. Rumor tentang kehadiran perangkat terbaru dari Apple pertama kali diungkap oleh analisis, Ming-Chi Kuo.

Awalnya ia menyebut laptop tersebut mengusung daya dalam bentuk chip M1 yang kemudian ditingkatkan. Namun dari sumber terpercaya disebutkan bahwa laptop berkode J413 ini akan membawa prosesor berupa Apple M2 baru.

Apple MacBook Air M2 Akan Hadir Dengan Prosesor Baru

Komputer Mac yang mengusung teknologi berupa generasi terbaru dari Apple Silicon, sejauh ini sepertinya belum dirilis. Kabarnya, bahwa MacBook Air yang mengusung chip dan desain baru ini akan mengalami penundaan rilis.

Namun sebelumnya produk ini diprediksi akan muncul pada akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022 kemarin. Namun dari bocoran terbaru, bahwa peluncuran laptop generasi terbaru ini akan ditunda lagi hingga paruh kedua tahun ini.

Intinya, jadwal peluncuran laptop Apple MacBook Air M2 dikabarkan telah ditunda. Namun, perangkat baru dari Apple ini juga akan mendapatkan sejumlah perubahan desain dan dukungan MagSafe juga.

Baca Juga: MacBook Air M1, Laptop Besutan Apple Membawa Banyak Kelebihan

Sayangnya pihak perusahaan juga belum mengonfirmasi jadwal peluncurannya. Namun, dari laporan Bloomberg, Mark Gurman mengklaim bahwa laptop ini tertunda perilisannya.

Gurman mengungkapkan acara peluncuran laptop akan berlangsung pada semester kedua tahun ini.

Jadilah Penerus Apple M1

Apple MacBook Air M2 ini rupanya akan menjadi penerus varian Apple M1 dan juga berbasis A15 Bionic. Karena sudah cukup lama, informasi dari Ming Chi Kuo sedang mempersiapkan perangkat terbaru MacBook Air.

Berdasarkan laporan dari 9toMac sendiri, MacBook Air tahun ini akan menggunakan teknologi Apple M2.

Sedangkan dari laporan bahwa laptop sebagai MacBook Air juga akan menggunakan Apple Silicon dan kode Staten.

Seiring dengan perkembangan laptop Apple M2, tampaknya perusahaan juga mengembangkan varian lain seperti Apple M2 Pro.

Namun, bukan tahun ini Apple akan merilis pembaruan, mungkin pada tahun 2023.

Baca Juga: Apple iPad Air 5 Akan Rilis, Usung Chip A15 dan Teknologi Center Stage

Seperti yang kita ketahui, model MacBook Air M2 sendiri sudah sukses diluncurkan sejak tahun 2020 dengan M1 Mac Mini. Apple kemungkinan besar akan meluncurkan produk bertenaga M2 ini pada garis waktu yang sama tahun ini.

Teknologi Prosesor

Kabarnya, prosesor dari laptop Apple MacBook Air M2 ini akan berbasis chip A15 Bionic, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selanjutnya, meski CPU masih dengan 8-core seperti M1, GPU sudah mengusung 10-core yang lebih bertenaga.

Tak hanya itu, Apple M2 juga akan hadir dan menggantikan model standar seri Apple M1 terlebih dahulu. Kemungkinan besar, perusahaan Apple juga akan menghadirkan prosesor lengkap dengan spesifikasi lebih bertenaga.

Berkat teknologi terkini, MacBook Air M2 mampu meningkatkan performa grafis, terutama untuk kebutuhan Rendering dan Editing.

Tidak hanya MacBook Air dengan chip M2, Apple juga akan menghadirkan MacBook Pro 13 inci tahun ini.

Tampaknya juga akan mengusung kode J493 yang merupakan laptop terbaru dengan kekuatan prosesor serupa.

Namun, soal jeroan pasti akan berbeda. Namun, bentuknya masih mempertahankan desain yang hampir sama.

Masih dalam Tahap Pengembangan

Sepertinya Apple MacBook Air M2 akan hadir dalam beberapa varian warna, termasuk pilihan warna hijau dan biru. Selanjutnya MacBook Air ini juga akan mengusung dua buah port USB Type-C lengkap dengan port charging berupa MagSafe.

Seiring dengan varian MacBook Air M2 ini, sepertinya perusahaan juga akan meluncurkan Mac Mini dan MacBook Pro. Sementara itu, chip M2 juga akan mulai dikirimkan tahun ini dan akan segera menggantikan chip M1 tahun lalu.

Baca Juga: Apple Mac Mini Mendukung Segala Kegiatan dengan Spesifikasi Premium

Kemungkinan juga CPU M2 ini akan lebih cepat daripada chip M1. Namun tetap mempertahankan arsitektur 8 inti yang sama.

Secara internal, Apple telah mempertimbangkan untuk menghapus “Pro” di laptopnya dan beri nama MacBook.

Alasan Apple hanya karena akan mendesain ulang MacBook Air generasi baru dan menjadikannya model yang jauh lebih mahal. Namun, belum jelas dan pasti kapan Apple akan segera memperkenalkan laptop tersebut.

Pasalnya, beberapa sumber mengungkapkan bahwa perangkat ini masih dalam tahap pengembangan lanjutan. Kemungkinan besar Apple MacBook Air M2 akan segera hadir tahun ini. (R10 / HR-Online / Editor-Ndu)