Apple iMac M1, Komputer Desktop Terbaru dengan Desain yang Mewah

Apple iMac M1 adalah komputer desktop semua dalam satuyang terdiri dari layar dan mesin dalam satu unit bodi dan diperkenalkan sejak April tahun lalu.

Produk komputer desktop dengan layar 24 inci ini telah resmi dijual di pasar Indonesia dengan harga yang terjangkau. Bahkan dalam paket penjualannya sendiri sudah menyediakan Magic Mouse dan Magic Keyboard sebagai aksesoris utamanya.

Laptop ini mengusung teknologi berupa Apple Silicon dan menggunakan sistem prosesor dan chip terbaru buatan perusahaan Apple sendiri.

Apple iMac M1 yang sudah ada sejak 2021

Komputer besutan perusahaan Amerika Serikat, Apple iMac dengan prosesor 1, akhirnya resmi hadir di pasar Indonesia.

Karena performa dan daya tahan baterai yang luar biasa, prosesor terbaru ini menjadi perbincangan setelah digunakan di beberapa perangkat baru.

Pasalnya, perangkat seperti iPad pro dan MacBook Pro yang saat ini mampu mengungguli semua perangkat lain telah menggunakan prosesor M1 ini.

Baca Juga: Asus ROG Zephyrus Duo 15 SE Bawa Screen Pad Plus, Ini Speknya!

Ketika Apple memasang prosesor, itu langsung membuat desktop utama Apple sangat menarik.

Selain itu, iMac sendiri selalu mengutamakan desainnya dengan tujuan membuat komputer menjadi sesuatu yang ingin dilihat pengguna.

Bukan sekedar utilitas yang hanya bisa memakan ruang ejaan, karena laptop ini mengusung desain yang tidak biasa.

Layarnya begitu tipis karena hanya berukuran 11,5 mm lengkap dengan bezel putih dan dagu yang bisa menahan logic board.

Sedangkan pada bagian depannya semuanya terbuat dari material kaca yang tentunya terlihat lebih elegan dan mewah.

Desain Layar Lebih Luas

Dalam perombakan desain, Apple iMac M1 mengusung layar berukuran lebih besar yakni 24 inci. Meski layarnya lebih besar, namun dimensi iMac ini juga tak jauh berbeda dengan seri pendahulunya, yakni 54,7 x 46,1 cm.

Selain itu, juga dilengkapi dengan layar Retina 4,5K dengan lebar 24 inci dengan 11,3 juta piksel. Sepertinya iMac juga menyertakan kamera FaceTime HD 1080p, sistem suara enam speaker, dan mikrofon berkualitas studio.

Tidak hanya itu, produk ini hadir dengan kecerahan hingga 500 nits dan lebih dari satu miliar warna dan Touch ID hadir untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Apple MacBook Air 15 Inch Akan Hadir dengan Ukuran Layar Lebih Besar

Sama seperti iPhone, fitur ini berguna untuk memindai sidik jari dan mengamankan proses login ke iMac.

Ada juga fitur True Tone yang bisa disesuaikan keseimbangan putih layar agar sesuai dengan kondisi pencahayaan. Serta Dolby Vision yang sama-sama memiliki dukungan panel 10-bit.

Chipset

Untuk urusan chipset pada Apple iMac M1, komputer desktop mengusung CPU 8-Core dan ada juga Apple Neural Engine 16-Core. Selain itu, perusahaan Apple juga mengklaim bahwa kinerja CPU iMac baru 85% lebih cepat dari generasi pendahulunya.

Bahkan performa GPU-nya juga 2 kali lebih cepat untuk aplikasi tertentu seperti Photoshop dan Affinity Photo. Tidak hanya itu, chip M1 ini juga mendukung penyediaan hingga 5 rekaman 4K dan atau satu rekaman hingga 8K tanpa kehilangan frame.

Lanjut pembelajaran mesin juga berjalan 3 kali lebih cepat karena 16-Core Neural Engine pada komputer desktop.

Baca Juga: ASUS VivoBook Pro K3400P Hadir untuk Konten Kreator, Cek Desainnya!

Jadi ini adalah iMac pertama yang beralih atau pindah ke Apple Silicon M1 atau chip buatan Apple sendiri. Pasalnya, Apple menambahkan chip pertama Apple Silicon M1 ke MacBook pro, MacBook Air, dan Mac mini sejak November.

Bahkan Mac M1 generasi pertama sendiri juga telah diterima dengan baik dengan chip terbaru yang menawarkan daya tahan baterai yang lebih baik.

Konektivitas dan Harga

Apple iMac M1 tentunya dilengkapi dengan dua port Thunderbolt yang berguna untuk transfer data super cepat. Untuk memberi pengguna opsi kinerja tinggi untuk terhubung ke lebih banyak perangkat seperti untuk layar 6K.

Selain itu, konfigurasi iMac 8-inti juga menawarkan dua port USB-C tambahan dan port Ethernet 1Gbps pada adaptor daya. Untuk melengkapi desain yang sederhana, iMac juga dilengkapi dengan konektor daya terbaru di bagian belakang desktop.

Selain hanya mengisi daya, pengguna juga dapat menghubungkan kabel menggunakan kabel ethernet. Untuk versi murahnya, iMac hanya memiliki 2 port Thunderbolt di bagian belakang.

Perusahaan mengatakan bahwa ketersediaan komputer desktop ini sudah ada sejak tahun 2021 atau April. Tak ketinggalan Apple juga mematok harga iMac ke dalam dua versi chipset, yakni 7 dan 8 core.

Jadi Apple iMac M1 baik varian low maupun high memiliki harga berkisar antara 18 hingga 21 juta rupiah tergantung variannya. (R10 / HR-Online / Editor-Ndu)